Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Minggu, 07 Januari 2018

Arti Kode Dan Simbol Pada Ban Mobil



Seorang pengemudi yang baik harus mengenali bagian dari kendaraan nya dengan baik, terutama ban mobil sebagai salah satu bagian vital dan faktor penunjang keselamatan dalam berkendara. Umumnya kita sebagai pengemudi hanya mengenal ukuran ban saja, padahal dibalik itu banyak juga kode dan arti simbol pada ban yang mesti kita pahami, diantaranya adalah ;
1. Ukuran ban
Kalau kita beli ban mobil, coba kalian perhatikan bagian luar dari ban !, biasanya  tertera kode P185/65R14 82H. Kode itu mempunyai arti sebagai berikut; 
  • P = Menunjukkan Jenis ban, dimana "P" mempunyai pengertian passenger/penumpang
  • 185 =  Ukuran lebar telapak ban dengan satuan milimeter. Semakin besar angkanya, semakin lebar telapaknya.
  • 65 = Ratio ukuran tinggi ban dalam satuan persen berdasarkan lebar dari telapak ban. Maksudnya : tinggi ban yang dimaksud bisa kalian lihat mulai dari bibir pelek sampai telapak ban menempel ke permukaan aspal. Semakin kecil nilai/angkanya, semisal, maka jarak telapak ban dengan bibir pelek semakin dekat.
  • R = menunjukkan konstruksi ban dalam hal ini "R" menandakan ban ini berkontruksi radial
  • 14 =  Diameter dari pelek yang digunakan. Berarti, ban ini menggunakan velg berukuran 14 inc.
  • 82 =  mewakili beban maksimum yang bisa ditopang setiap ban. Angka tersebut memiliki load index sebesar 475 kg /1047 Pounds. Semakin besar angkanya, semakin besar pula daya topang ban nya. Begitu sebaliknya.
H = melambangkan batas kecepatan maksimum yang bisa dicapai ban ini. Maksimum batas kecepatan ban yang berkode "H" adalah 210 km/jam. (inget guys...jangan melebihi batas kecepatan ini yah !)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar