Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Jumat, 12 Januari 2018

Cara cek kerusakan kabel tuas transmisi

Manual Linkage Cable Connecting

Cara pengecekan kabel tuas transmisi matic (How to check manual linkage problem).
Kabel tuas transmisi pada mobil matic memang jarang di periksa oleh sebagian pemilik mobil matic, karena letaknya yang memang tidak keliatan dan sulit dijangkau. Padahal komponen yang satu ini juga tidak bisa diabaikan dan diangggap remeh. Akibat penyetelan kabel tuas transmisi matic yang kurang tepat akan berdampak pada susahnya perpindahan gigi pada mobil transmisi matic kalian, yang tentunya akan mengganggu kenyamanan kalian dalam berkendara.

Dalam postingan kali ini penulis coba utarakan bagaimana cara pengecekan kabel tuas transmisi matic.
  1. Pastikan tuas rem tangan kendaraan anda pada posisi aktif / terkunci
  2. Geser tuas transmisi matic ke posisi “R” (Reverse)
  3. Putar kunci kontak ke posisi “ST”
  4. Perlahan geser tuas transmisi ke atas sampai berbunyi ”Klik”  dengan posisi tuas transmisi berada di posisi “P” (Park). Coba hidupkan mobil kalian, jika mobil kalian bisa dihidupkan/distater pada saat tuas transmisi berada di posisi “P”, maka bisa dipastikan kabel tuas transmisi mobil matic kalian berada di posisi yang benar.
  5. Lalu geser tuas transmisi secara perlahan ke posisi “N” (Neutral). Coba hidupkan mobil kalian, jika mobil bisa dihidupkan/di stater pada saat posisi tuas transmisi di posisi “N” maka bisa dipastikan kabel tuas transmisi matic kalian juga berada di posisi yang benar.
  6. Langkah tersebut di atas untuk memastikan bahwa kendaraan anda tidak bergerak ketika posisi tuas berada di “P” (Park) dan “N” (Neutral), dan ketika tuas transmisi digeser, posisi tuas transmisi tidak berhenti diantara P-R-N-D.
  7. Seperti yang telah diutarakan di atas, kabel tuas transmisi matic anda telah sesuai dan berjalan dengan baik, ditandai dengan ketika mobil bisa dihidupkan di posisi tuas transmisi berada di posisi “N” (Neutral) atau “P” (Park).

Gambar : posisi kabel tuas transmisi matic

Gambar 2 : Posisi kabel tuas transmisi matic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar