Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Kamis, 04 Januari 2018

Gejala kerusakan one way clutch pada transmisi matic

Sebelum kita mengarah kepada Gejala kerusakan one way clutch pada transmisi matic, mari kita bedah sedikit fungsi one way clutch pada transmisi matic.

One way clutch atau lebih dikenal dengan kopling satu arah adalah kopling otomatis yang dalam transmisi matic fungsi kerjanya memutus dan menghubungkan poros penggerak (drive shaft), dimana proses pergerakan tergantung pada saat perbandingan kecepatan antara putaran sudut dari poros poros tersebut  (poros penggerak dan poros yang digerakkan).
Jika kecepatan poros penggeraknya lebih tinggi dari pada poros yang digerakkan maka kopling bekerja menghubungkan poros penggerak dengan poros yang digerakkan. Dan bila, kecepatan dari poros penggerak lebih rendah dari poros yang digerakkan, maka kopling bekerja memutuskan penggerak dengan poros yang digerakkan. dimana pada umumnya ada 2 jenis kopling satu arah ini, antara lain :
1. Sprag type one way clutch
2. Roller type one way clutch
adapun gejala kerusakan one way clutch (Malfunction of one-way clutch) pada mobil transmisi matic kalian antara lain ;
  • Mobil matic tidak dapat bergerak ke depan dan
  • Ketika tuas digeser pada posisi D (Drive),  dan pedal gas di tekan dengan disertai rpm meningkat, tetapi pergerakan laju mobil maju terasa slip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar