Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Jumat, 12 Januari 2018

Mengenal Accumulator (Aki) Mobil

Gambar Aki/Accu 

Aki atau istilah lainnya Accu, Accumulator, Batterai (Battery) adalah suatu alat yang dapat menyimpan tenaga listrik dalam bentuk tenaga kimia yang akan mengeluarkan tenaga listrik bila diperlukan. Batterai terdiri dari beberapa sel, dengan sel-sel tersebut membangkitkan tenaga listrik. Setiap sel terdiri dari beberapa plat/lempeng/pemisah dan elektrolit. Kotak baterai terbuat dari damar sintetis atau ebonit yang dapat menerangi sel dan penampang elektrolit. Reaksi kimia terjadi dalam kotak baterai. Sel-sel tersebut dihubungkan secara seri. Dengan demikian, tenaga listrik yang terbangkit sama dengan jumlah dan tenaga listrik tiap-tiap selnya. Umumnya mobil memakai batterai yang mempunyai tenaga 12 volt, namun ada juga yang menggunakan 24 volt

Separator terbuat dari bahan non-konduktor untuk memisahkan plat positif dan negatif agar tidak terjadi hubungan singkat diantara plat-plat tersebut. Pada separator terdapat lubang-lubang dan alur yang halus untuk memberi jalan terhadap sirkulasi elektrolit. Bahan-bahan pembentuk separator ialah kayu, ebonit atau dari serat gelas.
Elektrolit terbuat dari campuran air sulingan dan asam belerang yang mempunyai berat jenis 1,26 gr/cm3 dalam keadaan baterai terisi penuh pada suhu 20 derajat celcius. Apabila plat-plat telah terendam elektrolit, material aktif yang ada pada plat dan elektrolit sendiri akan mengadakan reaksi kimia sehingga membangkitkan tenaga listrik.

Fungsi Aki / Accu, Accumulator, Batterai (Battery) dalam mobil adalah sebagai berikut ;
  1. Memberikan arus ke stater dan sistem pengisian ketika mesin kendaraan akan start dan memberikan arus ke berbagai pemakaian bila mesin kendaraan sedang tidak bekerja.
  2. Memberikan arus ke berbagai pemakaian bila arus yang dibutuhkan lebih banyak daripada yang dapat dihasilkan generator.
  3. Bertugas menyamakan tegangan pada sistem pengapian
Gambar Struktur Aki/Accu/Accumulator/Battery

Tidak ada komentar:

Posting Komentar