Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Sabtu, 13 Januari 2018

Mengenal Gasket Cair (Liquid Gasket)

Contoh gambar liquid gasket

Gasket Cair/Liquid Gasket adalah gasket yang terbuat dari bahan khusus yang berbentuk cair, dan setelah diaplikasikan akan menjadi kering dalam jangka waktu tertentu dan membentuk membran elastis atau lapisan film tipis kental ketika cairan gasket dioleskan pada permukaan material. 

Pada umumnya, para produsen gasket cair ini membuat gasket cair untuk tahan terhadap minyak, oli, air, udara dan panas serta mempunyai kemampuan untuk tahan terhadap tekanan untuk mencegah kebocoran dari dua sabungan material yang dijadikan satu.

Penggunaan jenis dan tipe gasket tentunya berbeda beda, disesuaikan dengan bentuk permukaan material yang akan menjadi bahan tempat aplikasinya, adapun kelebihan dan dan fungsi dari penggunaan Gasket Cair (liquid gasket) adalah ;
  1. Pemenuhan kontur / Pememnuhan media aplikasi
    Gasket cair dapat memenuhi dan mengikuti seluruh permukaan kontur media yang akan diaplikasikan, sedangkan Gasket Kertas tidak dapat memenuhi permukaan kontur media yang akan dilapisi dan berdampak dapat menimbulkan rongga/ celah (clearance) yang menyebabkan dapat menyebabkan kebocoran kebocoran.

  2. Kekedapan
    Gasket Cair memiliki tingkat kekedapan yang lebih tinggi daripada gasket kertas.

  3. Tahan suhu panas
    Gasket Cair lebih kuat karna mengandung Silicon base yang dapat menahan suhu panas antara   - 60o C ~250C. Sedangkan gasket kertas kurang memiliki daya tahan terhadap panas (Terkecuali : gasket kertas yang dipadukan dengan bahan metal)
  4. Proses Peng-aplikasian
    Gasket Cair sangat efektif terhadap permukaan dengan tingkat pengencangan yang relatif rendah, berbanding terbaik dengan bahan gasket kertas, maupun gasket kertas yang berbahan metal base, perlu menggunakan tingkat pengencangan yang relatif keras.
Baca juga Cara Pemakaian Gasket Cair



Tidak ada komentar:

Posting Komentar