Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Selasa, 09 Januari 2018

Mengenal Mesin Diesel

Baru aja bangun tidur, langsung keingetan menulis-dan menulis lagi, btw menulis emang indah, apalagi kalau lagi suntuk. Ok guys, kali ini penulis mau menjelaskan mengenai mesin diesel, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang belum mengetahui dan mengenal mesin diesel.



Gambar : cara kerja mesin diesel

Mesin diesel, sistem pembakaran pada mesin diesel berbeda dengan mesin bensin. Pada mesin bensin campuran bahan bakar dan udara dalam bentuk gas yang telah terionisasi di masukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh percikan bunga api dari busi (baca ; mengenal busi).
Sementara itu, pada mesin diesel, udara dimasukkan ke dalam silinder melalui saluran masuk dan katup masuk kemudian di kompresikan oleh piston/torak. Pada waktu yang sama, bahan bakar solar dari tangki dialirkan ke dalam pompa injeksi dan dimampatkan sampai mencapai tekanan 80-500 Kg/Cm2. Sebelum piston/torak mencapai titik mati atas (TMA), bahan bakar solar disemprotkan melalui nosel pengabut, karena tekanan dan suhu yang tinggi di dalam ruang bakar sehingga bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya dan membentuk proses pembakaran. Dalam hal ini, agar bahan bakar dapat terbakar dengan sendirinya maka diusahakan perbandingan kompresi mencapai 15-20 dan suhu udara kompresi sekitar 500-700oC derajat celcius. Mesin diesel tidak memerlukan sistem pengapian, tetapi sebagai gantinya diperlukan pompa injeksi dan alat pengabut untuk menyemprotkan bahan bakar. Bahan bakar ini harus berupa kabut (partikel halus) yang memungkinkan dapat terjadi pembakaran sendiri. Hal tersebut sama dengan mesin bensin. Pada mesin diesel juga terdapat sistem mesin diesel 4 tak dan 2 tak, dimana jenis 4 tak banyak dijumpai sebagai mesin penggerak mobil-mobil.

Kelebihan dan kekurangan mesin diesel vs mesin bensin\

Kelebihan

  • Hemat dalam pemakaian bahan bakar karena daya guna panas lebih baik dan  hemat biaya operasinya, karena harga bahan bakar mesin diesel juga lebih murah
  • Memiliki tenaga yang lebih besar dari mesin bensin
  • Kemungkinan timbul permasalahan lebih sedikit karena tidak menggunakan sistem pengapian
  • Memiliki kemungkinan dapat menggunakan bahan bakar lain yang lebih sejenis.


Kekurangan

  • Mesin diesel memiliki suara mesin yang lebih berisik
  • Mesin diesel memiliki getaran mesin yang lebih kasar dibanding mesin  bensin
  • Memiliki gas buang yang lebih kotor
  • Konstruksi dan bahan pembuatan mesin harus lebih kuat agar dapat  menahan tekanan yang lebih tinggi, sehingga memiliki harga produksi yang  lebih mahal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar