Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Kamis, 11 Januari 2018

Mengenal Silinder (Cylinder)

 
Gambar : Silinder (Cylinder)
Silinder (Cylinder) adalah bagian atau tempat pemindahan tenaga panas ke tenaga mekanik dan untuk tujuan ini, piston/torak bergerak naik turun memadatkan gas dari hasil campuran udara dan bahan bakar. Untuk memperoleh tenaga mesin sebesar mungkin, diusahakan tidak terdapat kebocoran-kebocoran pada gas-gas yang dibakar diantara piston dan silinder, juga gesekan dan keausan diusahakan sekecil mungkin dengan adanya gerakan-gerakan meluncur. Untuk membatasi hal ini, dinding silinder (Cylinder liner) dapat diperkeras dan dinding-dinding silinder juga di chrome.

Bila mesin digunakan dalam waktu yang cukup lama, dinding silinder akan sedikit menjadi aus. Hal ini dapat diperbaiki dengan jalan mengebor kembali dinding-dinding silinder. Silinder yang telah dibor memerlukan piston/torak dengan ukuran lebih besar (Over Size Piston). Hal itu dikarenakan diameter silinder sudah bertambah besar.

Bila dinding silinder yang terbuat dari besi tuang telah menjadi aus dan pengeboran kembali tidak memungkinkan dilakukan, maka silinder masih dapat diperbaiki dengan jalan memasangkan pelapis silinder. Blok silinder yang terbuat dari besi tuang, pada pelapis ini dapat dimasukkan ke dalam blok silinder. Keuntungan dari penggunaan pelapis silinder terletak pada bahan pelapis silinder yang mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap keausan dan tidak memerlukan penggunaan piston/torak dengan ukuran lebih besar.

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali infonya. Bahasa nya mudah di mengerti bagi orang yang masih awam. Di tunggu info lainnya

    BalasHapus