Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Minggu, 07 Januari 2018

Perbedaan MAP Sensor dengan MAF Sensor

Pada umumnya mobil menggunakan MAP sensor, atau bahkan ada yang menyebutkan MAF sensor, adalah untuk mengatur aliran udara ke ruang intake manifold sehingga komposisi campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apa perbedaan, mekanisme dan cara kerja dari Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP Sensor) dengan Mass Air Flow (MAF Sensor) ?, So mari kita jawab pertanyaan tersebut !


Gambar Sensor MAP

MAP Sensor (Manifold Absolute Pressure)  adalah sensor yang bekerja untuk mengukur kevakuman udara, bukaan posisi katup gas (Throttle Position) dan besarnya temperatur udara pada intake manifold serta melaporkannya ke ECU/ECM. Lalu ECU/ECM menghitung kebutuhan aliran udara yang ke mesin berdasarkan kevakuman udara itu sendiri. Disamping itu melalui MAP Sensor ECU/ECM juga mengatur, mengukur tekanan dan kepadatan berapa komposisi udara yang dibutuhkan sebelum kendaraan di hidupkan (di starter). Lalu bagaimana kalau dengan cara kerja MAF Sensor ?



MAF Sensor (Mass Air Flow Sensor)  adalah sensor yang mengukur aliran udara yang masuk ke mesin secara aktual. Sebagai alat pembacanya, sensor ini menggunakan elemen kawat yang dipanaskan secara elektrik serta sensor suhu kecil yang biasanya ditaruh di dekat elemen kawat tersebut. Melalui elemen kawat tersebut sensor udara ini mengukur suhu udara yang melalui elemen tersebut, perubahan suhu pada elemen kawat tersebut akan dijadikan tolak ukur seberapa banyak udara yang dialirkan masuk ke ruang bakar (Combustion Chamber).
Ketika mesin dalam keadaan langsam (idle), udara yang mengalir melewati kawat panas sangat sedikit, sehingga untuk menjaga kawat panas,  arus listrik yang dibutuhkan sangat kecil. Ketika Anda menekan pedal gas, katup udara throttle terbuka sehingga lebih banyak udara mengalir melalui kawat panasMelihat cara kerja sensor ini, sensor ini mempunyai cara kerja yang lebih akurat daripada MAP Sensor





Tidak ada komentar:

Posting Komentar