Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Rabu, 10 Januari 2018

Prosedur dan cara pengecekan oli matic


Prosedur dan cara pengecekan oli transmisi matic yang benar ;

  1. Posisikan kendaraan pada tempat yang datar
  2. Sebelum mencabut tongkat indikator pengukur oli, bersihkan area disekitarnya
  3. Posisikan tuas transmisi pada posisi "P" (Park), dan pastikan posisi tuas rem tangan (handbrake) posisi aktif, lalu hidupkan mesin mobil (Start engine)
  4. Mesin harus dalam posisi langsam (idle), sampai dengan pada suhu temperatur kerja mesin sekitar 70-80°C.
  5. Pindahkan posisi tuas transmisi beberapa kali dari posisi P - N - D - R - 2 - 1, agar sirkulasi oli pada torque converter dan body valve terisi dengan cairan oli matic, lalu posisikan tuas transmisi di posisi "N" (Neutral). Tujuan dari cara ini dibutuhkan untuk memastikan pengecekan oli transmisi matic secara akurat.
  6. Periksa tongkat pengukur oli, jika di tongkat pengukur oli terlihat posisi level oli pada posisi "HOT" oli matic anda berarti cukup. Tapi jika di tongkat pengukur oli, oli terlihat posisi level oli pada posisi "LOW", tambahkan oli matic anda sampai mencapai batas antara posisi "HOT" (Jangan lupa ! gunakan oli matic yang sesuai dengan rekomendasi dari produsen masing-masing mobil matic kalian, karena kesalahan memasukkan jenis dan type oli matic akan berakibat fatal bagi transmisi matic kalian).
Berkurangnya oli matic dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi mobil bertransmisi matic antara lain :
  1. Akibat kekurangan oli matic, menyebabkan pompa oli kemasukkan udara, gelembung udara yang terjebak diantara valve body membuat kekentalan oli menjadi berkurang atau bahkan berlebih, oleh karena itu tekanan oli matic menjadi tidak stabil.
  2. Akibat kelebihan oli matic juga berdampak buruk, perputaran gigi matic yang kelebihan membuat oli matic menjadi berbusa sehingga tekanan oli matic menjadi tidak stabil. Hal ini juga berdampak pada menurunnya kualitas oli matic, gelembung udara (udara palsu) pada transmisi matic juga dapat menimbulkan overheating dan oli matic yang teroksidasi. 
So guys, sangat penting memeriksa kondisi oli matic mobil  kalian. Ketika oli matic kalian bau seperti terbakar itu menandakan oli matic kalian telah terkontaminasi oleh kotoran dari hasil proses gesekan part yang ada di dalam transmisi matic. jadi rutinlah mengecek dan mengganti oli matic kalian sesuai jadwal penggantian oli matic yang telah ditetapkan oleh produsen mobil masing-masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar