Bagikan Halam Ini, Please share me !!!

Minggu, 07 Januari 2018

Tanda dan gejala kerusakan sensor ISC


Sensor ISC (Idle Speed Control) atau disebut juga Sensor IAC (Idle Air Control) merupakan salah satu sensor yang dimiliki oleh mobil yang menganut sistem Electronic Fuel Injection (EFI). Sensor ini terhubung ke lubang asupan udara atau lebih dikenal dalam dunia otomotif adalah Intake Manifold / Inlet Manifold.
Sensor ISC bertugas untuk melakukan penyesuaian aliran udara yang masuk ke mesin pada saat mobil dalam posisi idle.

Cara kerja sensor ISC adalah : Kinerja sensor ISC diatur oleh ECU, pada saat katup throttle body tertutup mesin tetap mendapat supply udara dari saluran udara yang ada di sensor ISC sehingga idle mesin dan stationer RPM tetap terjaga pada saat kendaraan sedang dalam posisi idle maupun dalam kecepatan rendah.

Sensor ISC/IAC sering mulai mengalami kerusakan dikarenakan usia pakai, disamping itu kotornya sensor ISC/IAC karena tersumbat oleh udara kotor sisa pembakaran juga menjadi salah satu faktor kerja sensor ISC/IAC tidak bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah tanda dan gejala kerusakan Sensor ISC / Sensor IAC ;

  • Pada saat mobil di hidupkan/start engine, mobil bisa hidup untuk beberapa saat lalu mati, gejala ini mirip seperti mobil kehabisan bahan bakar.
  • Mobil getar lalu mati pada saat penurunan kecepatan secara tiba-tiba
  • Pada saat posisi mobil dalam keadaan langsam/idle, RPM mobil tidak stabil dan mesin mobil seakan-akan mau mati.
  • Mobil langsung mati pada saat menghidupkan Air Conditioner (AC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar